SEJARAH YAPADAPALA

Mengetahui Sejarah Berdirinya YAPADAPALA dari awal sampai menjadi nama YAPADAPALA

Logo Yapadapala

TONGGAK SEJARAH BERDIRINYA YAPADAPALA 

Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Teknologi 2 Purbalingga atau SMK YPT 2 PURBALINGGA berdiri pada tanggal 22, Maret 1991.

Lahirnya SMK YPT 2 Purbalingga menjadi wadah bagi siswa-siswi di Purbalingga untuk menempuh pendidikan kususnya dibidang kejuruan, kurang lebih pada tahun 1991 - 2001  bidang kejuruan yang ada di SMK YPT 2 Purbalingga hanya ada OTOMOTIF.

Karena banyaknya murid pada waktu itu, maka siswa-siswi SMK YPT 2 Purbalingga kususnya jurusan otomotif berinisiatif utuk membuat perkumpulan kecil atau semacam kelompok yang sebagian besar suka bergkegiatan di alam bebas dan dijadikan EKSTRAKURIKULER di Sekolah, kelompok tersebut dinamai BOOMPALA ( BOcah Otomotif Pecinta Alam ) untuk siapa yang membuat nama BOOMPALA dan kapan berdirinya BOOMPALA sampai saat ini belum di ketahui.

Pada tahun 2001-2003 terdapat 3 Pengajar baru di SMK YPT 2 Purbalingga yang bernama :
  1. HENDRATMO DSP. S.T 
  2. TEGUH SETIYADI S.Pd 
  3. TOMI YOGA PRASETYO S.Si  

Ketiga Guru tersebut adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari Sekolah SMA N 1 PURBALINGGA. Pada tahun 2003 Bpk. TEGUH SETIYADI S.Pd di percayai oleh pihak sekolahan untuk menjadi pembina ekstrakurikuler pecinta alam ( BOOMPALA ). Selang beberapa bulan menjadi pembina ekstrakurikuler pecinta alam, terdapat bidang kejuruan baru di SMK YPT 2 Purbalingga yaitu ELEKTRO, 

Datangnya bidang kejuruan ELEKTRO pada tahun itu membuat siswa-siswi semakin banyak jumlahnya, disisi lain ada banyak siswa dijurusan elektro yang menyukai berkegiatan di alam bebas dan ingin bergabung di BOOMPALA karena BOOMPALA itu hanya Bocah Otomotif Pecinta Alam, maka anggota dan pembina  BOOMPALA bermusyawarah untuk mengganti nama supaya siswa-siswi yang berada dijurusan elektro dapat bergabung bersama-sama. Hasil dari hasil perundingan tersebut BOOMPALA akhirnya resmi mengganti nama menjadi BOEMPALA ( Bocah Otomotif Elektro Pecinta Alam ).

Perkembangan zaman begitu pesat, bidang kejuruan di sekolah mulai banyak yang baru berdatangan. Jika banyak jurusan baru yang datang di SMK YPT 2 Purbalingga, BOEMPALA akan berganti nama lagi sampai seterusnya. Maka, sebelum bidang kejuruan baru itu datang ke SMK YPT 2 Purbalingga, Para PIONER mempunyai ide gagasan untuk membuat organisasi yang baru agar semua siswa-siswi yang suka berkegiatan di alam bebas di SMK YPT 2 Purbalingga bisa bergabung menyalurkan bakatnya.

Maka Para PIONER memutuskan untuk berunding membuat organisasi pecinta alam dari nol yang nantinya bisa mewadahi seluruh bidang kejuruan yang ada di SMK YPT 2 Purbalingga.

SMA N 1 PURBALINGGA mempunyai organisasi pecinta alam yang berdiri pada tanggal 29, Mei 1987 yaitu GASDA PALA, yang sekarang dikenal dengan nama PPA GASDA
Teringat bahwa para PIONER adalah alumni SMA N 1 Purbalingga, dan teman teman beliau pada waktu masih menduduki bangku SMA juga banyak yang bergabung di PPA GASDA. Maka, 2 teman dari para PIONER yang bergabung di PPA GASDA diikut sertakan untuk membantu jalannya pembentukan organisasi pecinta alam yang akan didirikan.
2 Anggota PPA GASDA itu bernama :
  1. Taufik Katamso ( Kang Opik )
  2. Haryanto ( Kang Puji )
Pembahasan awal dimulai dari peternakan ayam Desa Karangpule Kec. Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah didekat rumahnya kang Opik yang membahas konsep dasar, materi, sistem dan lain lain secara mendasar, dirasa peternakan ayam itu tempatnya kurang memungkinkan untuk berdiskusi, pada akhirnya memutuskan berpindah tempat ke rumah kang Puji di Desa Prigi, Kec. Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Berpindahnya tempat diskusi membuat obrolan demi obrolan semakin serius, pertemuan terus berlanjut setiap hari tiada henti, arah dan tujuan sudah mulai terlihat, mempersiapkan semua hal dengan sangat matang.
Setelah berunding dan berdiskusi puluhan hari, Bpk. HENDRATMO DSP. S.T Bpk. TEGUH SETIYADI S.Pd dan Bpk. TOMI YOGA PRASETYO S.Si  menyatakan untuk memberi nama organisasi pecinta alam yang bernama :  YAPADAPALA atau SMK YPT PURBALINGGA 2 PECINTA ALAM.
Nama YAPADAPALA diresmikan setelah terbitnya SK dari sekolah yang turun pada hari Sabtu 27, SEPTEMBER 2003 pukul 10:00 WIB dan disaksikan oleh : 
  1. DRS. Resdi Eriadi
  2. Churotip . S.Pd
  3. Drs. Wahyudiana
  4. Dwiyatmoko. S.Pd
  5. Besar Sudarsono. S.Pd
  6. Priono S.T
Dan ditanda tangi oleh Kepala Sekolah pada tahun 2003 yaitu : Tjaswanto. S.Pd 

Di samping itu semua, ada beberapa tokoh yang berperan penting didalamnya dan dijadikan sebagai ANGGOTA KEHORMATAN YAPADAPALA yaitu : 
  1. Puji Haryanto
  2. Tutut Budi Utomo
  3. Hary krisna
  4. Haryanti

Setelah secara resmi menjadi organisasi pecinta alam di SMK YPT 2 Purbalingga, perekrutan demi perekrutan anggotapun dilakukan, ke tiga PIONER saling bekerja sama membagi tugas, seleksi calon anggotapun hari demi hari dilaksanakan, sampai pada akhirnya pendidikan dasar Angkatan satu YAPADAPALA dilaksanakan. Pendidikan dasar Angkatan satu sampai saat ini berada kawasan hutan Gunung Slamet Desa Serang, Kecamatan Karang Reja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Pendidikan Angkatan satu berlangsung selama satu minggu, 4 hari pertama untuk persiapan atau pendidikan dasar ruang, 3 hari berikutnya pendidikan dasar lapangan. Panitia pendidikan dasar angkatan satu yaitu para PIONER YAPADAPALA dan dibantu oleh teman teman dari PPA GASDA salah satunya :
  1. Kang budut
  2. Kang Mahudi
  3. Kang Toge

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.